Begin What's Next

| Posted in | Posted on 00.48

aku kesana bukan buat bersenang2
aku kesana untuk mengadu nasib
aku kesana untuk mencerahkan masa depan
bukan brarti disini ga cerah yah......
aku kesana dengan sejuta doa dan harapan

(maap iq, ga ngmg sblmnya aku nyari kerja, bukan liburan, thnks anyway, hiahaiahia)

pertama kalinya menginjak tanah diluar Indonesia..huehueue...*bangga
begitu kaki kananku menginjak tangga Tiger Airways, yang dibayar 650.000 IDR buat tiket PP, aku menghirup gersangnya udara negara ini...dan ternyata, landingnya pesawat ini bukan di Changi..hm..di changi sih...tapi di bagian Budget terminal namanya...huauahua..dari namanya, mmg tercermin, nih pesawat disewa dgn harga murah..tapi mayanlah...daripada mahal2...DUIT!!tabunganku dipertaruhkan diperjalanan ini...

Budget terminal..bukanlah sebuah terminal yang jelek, bagus kok, masih bagus dibanding BIM (bandara internasional minangkabau) yang terminal internasional tapi masih aj pake sistem rangka...bukan bentang lebar...kecewa sih..cuma namanya ga ad penghasilan asli daerah, mo gmn lagi..dan bagusnya, di budget terminal ini, saya nemu VENDING MACHINE!!!hiahaiaha
aku suka bgt ama machine bodoh ini..mekanismenya...mulai dari masukin koin, trus pencet no brapa yang kita inginkan..lalu mesinnya bergerak...ccceeet...cceeett...plegh...ceeett....dug!dah..silahkan dinikmati...hahaha...

keluar dari terminal, terlihatlah lapangan rumput yang luaaaaaaaaaas, dan jalan beraspal -rata-,,
lalu lewat mobil dgn plat SGH 3097..mobil bagus (kayaknya ga ad mobil jelek disini)..terus nemu tong sampah..dilengkapi dgn asbak, disudut jalan,,,bner2 nih negara, membuat perokok jadi males ngrokok...tapi ttp..ngrokok dulu disana...sambil cuci mata...
GILA, TANKTOP SMUA DISANA!! HOT PANTS! tapi yaah...bukan mo menghina...tapi kebanyakan dari mreka ga cocok pake bgituan!asli...bukannya cuci mata..saya malah cuci mulut dgn cacian dan makian..."paja ko a ko...sagadang tuh kaki, nyo pakai lo sarawa sapendek tuh"hiahaihaa...

hmm...lalu naik bus yang mengantarkan kita ke terminal 2..terminal yang bner2 brada di pusat Changi airport. busnya ad tiap 3 menit kyknya. jadi ga perlu khawatir ketinggalan bus. nyampe diterminal 2, hm, nyampenya di basement...dan saya keliling2 dulu di terminal itu..dah wuih!!keren!ga tau yah, tapi aku ngambil kesimpulan, ini terminal diambil dari analogi daun...bner ga yah?jujur saya jarang baca literatur...maapkan rekan2 arsitek..haha..kyk dah jadi arsitek sayah...

dari sana..kita cari arah ( disini smua serba jelas, kekanan ap, kiri apa, lurus kemana..jelas bgt lah!!)ke MRT (mass rail transport-klo ga salah)..letaknya di basement..nyampe disana beli EZ-Link card dulu, seharga 10 dollar, dengan isi 5 dollar..apa 7 yah?saya lupa...klo ga salah harga EZ-Link itu 5.

huehuehue..disini keluarlah sisi udik diriku...pas ngliat MRT nya dateng...wuih...keren...didalem ruangan berupa terowongan sempit itu, ada benda bergerak...LoLmasuk ke MRT.bersihdinginnyamanjadi inget bus ANS, yang dulu sibuk dari Bukittinggi ke Padang..
Aman,
Nyaman,
Sejuk..LoL
bneran..ini transportasi publik, tapi keren!

oh ya..kita udah memutuskan buat nginep di
The Hive Backpackers Hostel,

tempatnya...hm..saat itu saya ga tau..klo ga salah sih satu negara ama yang saya injak skrg..dari stasiun MRT Changi, kita turun di Tanah Merah Interchange (EW4), ngambil MRT ke jurusan Boon Lay, dipetanya jalur warna ijo. dari sana, diem dulu menikmati keteraturan negara ini, sambil ngliat pemandangan2 di luar..mumpung MRT nya blom menerobos bumi..

apartemen smua nih negara, ga ad rumah2 layaknya rumah normal, 1 lantai, 2 lantai, bneran ga ad slama perjalanan dari Tanah Merah itu..dan ternyata, dari sekian banyak apartemen itu, ad juga yang kyk rumah susun di sini..jadi kliatan ga bagus aj gdungnya..saya jadi bangga entah knapa..eh, bukan bangga..lega?hm..apa yah namanya?au ah...

dari Tanah Merah, kita turun di Outram Park Interchange (EW 16/NE 3) lalu mencari tulisan ke Punggol (NE17), tulisannya warna ungu, dan saya lupa, jalurnya berhadap2an ato malah harus jalan dulu sekitar 500 meteran yah? pokoknya gitu, interchange itu adalah istilah buat jalur MRT yang crossing, jadi disini penumpang bisa turun dan pindah kejalur lain sesuai tujuannya. nah, perpindahan itu brarti perpindahan stasiun, stasiunnya itu yang rada jauh. apalagi yang stasiun city hall, 700 m lebih kayaknya..tapi, disinilah kehebatannya..jarak panjang yang ditempuh itu terasa pendek, kenapa?karena aku baru pertama kali merasakannya, klo udah yang kesekian kali capek juga ternyata..hahahahaha

seriously, desain koridor subway dibuat lapang bgt, banyak orang yang lalu lalang pun, koridornya ga kerasa sempit, dan koridor ini dibangun sekitar 16 meter dibawah tanah, tapi ga smua stasiun..hanya beberapa yang sedalam itu..kebayang gmn dan waktu serta biaya perngerjaannya..oh ya, bagusnya lagi, buat kenyamanan pengguna, koridor yang terlalu panjang juga dilengkapi ama travelator..ada petunjuk jalan dan lift buat disable person, dan petunjuk2 buat keadaan darurat benar2 jelas..

dari Outram Park Interchange itu,kita ikutin jalur ungu, oh, diatas dah diketik yah,..naik MRT ke sana, ke Punggol dan turun di Boon Keng ( NE9). jangan kuatir ga tau lagi di stasiun mana klo lagi di MRT nya, di dalam gerbong (bneran ga sih itu gerbong?haha..) ada peta yang jelas, dan di setiap stasiun ada ce yang ngasih tau kita di stasiun apa..gw pgn kenalan ama tuh cewek-hiahaiahaihaiah-..rajin gila..tiap hari kerjaannya di sana..tapi sayang..dia bernama Aria

akhirnya kita nyampe di Boon Keng, thnks to Aria..turun dari MRT, naik eskalator, tap EZlink, keluar lewat pintu C, ke arah Serangoon Road..lumayan panjang koridornya, tapi masih dalam batas orang berjalan sih, sekitar 30 meteran..hahaha, boong dink, nyampe 100 m tuh koridor

begitu keluar dari dalam bumi, aku ngliat rumput, luasnya hampir 2x lapangan bola,,dan itu cuma rumput, ditemani ama beberapa pohon..negara ini, walopun tau luasnya kecil, tapi masih menghargai RTH (ruang terbuka hijau). dulu, aku ga begitu mngerti, ah, RTH, ga perlu gede2amat, mending dijadiin apa gitu..tapi begitu aku kesini, aku tau, RTH bner2dibutuhkan, buat pejalan kaki, buat pengguna kendaraan bermotor, dan buat bumi ini. dgn adanya RTH, walaupun saat itu aku diapit ama beberapa bangunan tinggi, kenyamanan berjalan kaki tetep kerasa..

dari titik keluar eskalator tadi, aku lihat lurus ke depan, ke dekat perempatan sana, ada bangunan, cat hitam, dengan jendela berwarna kuning, itulah The Hive, tempat yang akan kutiduri selama beberapa hari ke depan..haiahia..tiduri...hiahaiha....nyampe disana, Alhamdulillah tulisan dipintu nya "YES, WE ARE OPEN". kita masuk, ngmg ke resepsionis..akhirnya dapet kamar di dormitory, yakni kamar yang berisi tempat tidur ala barak, yang satu dorm itu diisi 10 orang..eh salah, 10 tempat tidur, hari itu cuma ad orang klo ga salah, bule smuakita dikasih kunci locker, dan mainan kunci bermagnet yang bisa buka pintu blakang The Hive, karena pintu depan jam 11 PM dah ditutup.

lockernya aman, lumayan gede, dormnya nyaman, lumayan luas..overall enak lah..lumayan, 20 dollar semalam, dapat fasilitas bgitu, ditambah breakfast (roti, cereal, teh, kopi, air hangat) ada kulkas juga, microwave, toaster, mesin cuci, pengering, dan toilet serta shower yang absolutely clean! mantab lah nih tempat buat ce maupun co..oh ya, dorm yang saya sebutkan tadi, itu campur,,sayang ga ad yang ganti baju secara vulgar yang bisa kulihat..huahauhauaua..ngarep!!

hari itu juga, aku harus nyari kartu HP, dan kartu itu bisa didapatkan di 7eleven, sejenis alfamart ato circle K yang buka 24jam juga. aku beli kartu singtel, Hii card, seharga 8 dollar, dgn pulsa 10 dollar. oh ya, nerima telpon disana ternyata bayar, walopun lokal, BAH! harus daftar2 dulu, ketik blablabla, baru ga di charge klo nerima telp, tapi ttp pulsa dipotong 60 sen setiap harinya.tapi ngsms ama nelp murah bgt lho..ngsms ke indonesia itu 15 sen, brapa rupiah yah? 0,15 x 6.500 =..ntar, start/all programs/accesories/calculator ...hm..hasilnya Rp 975..jauh lebih murah dibanding pake Mentari, yang sekali sms mencapai Rp 3.000!

habis itu kita jalan2..ga tau arah..asyik bgt, dinegara ini, kita ga bakalan takut buat nyasar..arah2an jalan smuanya bner2 jelas..makanya asyik aja kemana2 tapi ga tau dimana..saya baru skali tersesat selama 22 tahun ini, padahal itu cuma mau ke PIM!!! for u yang nyasar bareng gw waktu itu, i'm so sorry..jgn gitu lagi yah..namanya juga jalan2..hehehe...

telp Aththur malam itu, lagi rapat dia, baru balik dari kantor jam 10an katanya..dan akhirnya kita ktman, dan makan di McD dkt the Hive. ternyata, apartemen Aththur dkt bgt ama penginapan, klo The Hive tadi itu lurus dari pintu keluar C Boon Keng station, apartemennya dia disebelah kiri..persis di sebelah taman yang luasnya hampir 2x lapangan bola itu.

oh ya..
The Hive ini, i really recomended! ternyata tmptnya deket kmn2..ke little india, tgl jalan, ke lavender station buat naik bis ke Malaysia, dkt juga, 5 menit jalan kaki, ke Golden Mile, tmpt bus ke Malaysia juga, bisa naik bus no 145. eh, bner ga yah??jgn2..mending jalan kaki, dkt kok, setengah jam..haihaiaiahiahaiaha...udah gitu tmpt ini dkt ama 2 stasiun MRT, yang Boon Keng tadi (jalur ungu) dan satu lagi ama Lavender MRT station (jalur ijo). yang pada hari trakir disana gw baru tau...hahaha..ternyata klo dari changi ga perlu jauh2 ke Outram Park dulu, langsung turun aj di Lavender, karena changi itu jalur ijo juga...


Hari kedua disana, saatnya misi dimulai...cari kerja...
hmm...hari pertama itu ke DP architect (aja) karena brangkat dari The Hive udah jam 1PM..hiahaiahia...
dan malamnya...saya baru tau...ada krisis ekonomi dunia...

disaat gw memasukkan lamaran2 ke kantor2 disana...saat itu pula mereka harus memikirkan untuk me-PHK beberapa (banyak) staff mereka...this is soooooo NOT GOOD!

hari ke-3, 4, dan 5, gw baca brita2..banyak yang terapi ke psikiater...
tapi di hari itu juga, gw tetap masukin lamaran...ini lah namanya kejadian yang tak terduga..tapi harus tetap sehat, tetap semangat, biar kita bisa jalan2 makan2 lagi bersama wisata kuliner, pokok e', MAKNYUUUUSS!!!!

bgitulah...akhirnya, primary objective dari pergi kesini belom tercapai, blom accomplish ( bner ga sih tulisannya??maklum, klo ngdengerin orang sana pake bahasa inggris, lo bakalan ngrasa percuma lo buang duit mahal2 buat les english. lo disana ga perlu pake to be, grammar, structure, dsb...

contoh:
Saya : "excuse me sir, do you know where Ferrer Park MRT station is?"
dia yang saya tanya : "oow,, know..know...yeah...hm,,you go right lah,,then u go straight..then turn left lah...there, there...ya ya (angguk2)???"

tapi, disini gw bisa merasakan ruang, dimensi, luas
memang, selemar foto itu berbicara seribu bahasa,tapi seberapa banyak foto yang kita lihat, rasanya beda dengan benar-benar berada di dalamnya, merasakan udaranya, atmosfernya, anginnya,...
kok jadi romantis gini yah??

terimakasih buat M. Thariq Shahrizal, pengharapan liburan yang akhirnya cuma keliling2 kota nyari2 alamat biro, dan traktiran makan...daku bokek sangat Iq..
Aththur Ardian, jgn makan McD mulu,...Kang Asep, thnks buat advice...hiahaia..basa basi bgt gw...hiahaiaaa...
Iqbal, Farrabella, Kekoa..thnks buat duren...wakakaka...
William, staff The Hive yang lahir di Indonesia...hahaaha...untung ad lo Wil...klo ga gw ga bisa pulang....hahahaha

niy kok jadi kyk bikin laporan TA??
thnks for u all...masih banyak yang saya harus sebutkan disini..mulai dari yang nolongin bikinin CV, yang ngasi dukungan moral, yang ngasi beberapa duit sen -ini berarti bgt loh, bneran!-,duit dollar,pokoknya, smua yang sebenarnya ada dihatiku skrg...
jiah..udah kyk ucapan terimakasih di TA, pake romantis2 lagi pula....bah



aku kesini bukan buat bersenang2
...
aku kesini dengan sejuta doa dan harapan

aku pulang...dengan cap imigrasi di pasporku..
haiahiaiha..
ga ga..
banyak yang terjadi dalam seminggu ini
may Allah show me the way
to the better days



Comments (3)

hehhehhehehe...
pancacek, dont let ur hope die yah..

i'm hoping the best 4 u too...:)

Cerita tanpa visualisasi bagaikan mi rebus tanpa kuah...
Mana nih foto2nya?
Katanya Abang Nando bin Thayib ini keren kalo di fotooo...Apalagi kalo
hasil jepretan Abang Thariq...
LoL

oalah...deskripsi yang sangat jelas.
saia mulai membayangkan ntar bengong sendiri di frankfurt hehehe
mending lah lo masih dilayani pake inggris, nah saia...ich li be dich doank tahunya hehehe
SEMANGAT!!!!!!
lo kan baru officially job seeker mulai besok ndo...enjoy the time :)